Skip to main content

Cara bayar pajak dengan samsat delivery di NTB

Pajak yang dibayarkan masyarakat adalah sumber utama pendapatan negara untuk pembangunan nasional. Pemerintah harus mencapai target pajak yang telah ditetapkan setiap tahun demi kelancaran pembangunan bangsa. Tujuannya tentu saja guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Ada beberapa macam pajak yang harus dibayar masyarakat, di antaranya pajak penghasilan, pajak bumi dan bangunan, serta jenis pajak kendaraan bermotor serta pajak lainnya yang sudah diatur pemerintah. Membayar pajak tepat waktu merupakan wujud peran aktif masyarakat dalam membangun negara.
Sebagai salah satu sumber penerimaan negara dengan kontribusi terbesar, pajak memiliki manfaat yang digunakan untuk beberapa hal, antara lain:

1. Uang pajak yang disetor masyarakat akan digunakan pemerintah untuk membiayai segala pengeluaran negara yang bersifat self liquidating atau hal lainnya. Contohnya adalah pengeluaran untuk biaya proyek produksi barang ekspor

2. Uang pajak untuk membiayai pengeluaran yang bersifat produktif, seperti membangun infrastruktur, anggaran pendidikan, kesehatan, pertanian, dan lainnya

3. Uang pajak dipakai untuk biaya pengeluaran non-produktif dan non-self liquidating, tetapi memiliki manfaat untuk masyarakat. Contohnya biaya pengeluaran untuk objek rekreasi atau pembangunan monumen bersejarah

4. Uang pajak digunakan untuk pembiayaan atau pengeluaran yang bersifat tidak produktif, tetapi diperlukan negara. Contohnya adalah pengadaan persenjataan dan penguatan pertahanan negara atau pengeluaran untuk warga yatim piatu dan yang membutuhkan.

Dengan membayar pajak secara jujur, benar, dan sesuai aturan, Anda akan ikut merasakan manfaat tersebut. Artinya uang pajak yang Anda setor ke negara, dikembalikan lagi untuk rakyat. Contohnya saja, fasilitas umum memadai, infrastruktur (jalan, sekolah, dan jembatan), pertahanan dan keamanan (senjata, pelatihan), subsidi, transportasi massal, dan masih banyak lainnya. 

Pajak yg bersumber dari masyarakat merupakan merupakan pendapatan negara paling besar, maka dengan itu pemerintah sangat gencar membuat berbagai trobosan baru untuk memudahakan masyarakat untuk membayar pajar, dengan online system, Cod dan lainnya, masing daerah telah mengembangkan aplikasi untuk membayar pajak

Untuk di daerah NTB sendiri telah tersedia aplikasi untuk membayar pajak secara online yang diberi nama Samsat Delivery, aplikasi ini telah lama diluncurkan dan terbukti cukup memudahkan dalam membayar pajak kendaraan bermotor, lantas bagaimaba cara mendapatkan aplikasi ini serta bagaimana cara mengoprasikannya, simak uraian dibawah ini :
1. Download aplikasi diplay store dengan kata kunci samsat delivery dan instal

2. Daftar atau login menggunakan data ada (data harus akutarat dan harus menggunakan no KTP)

3.  Untuk menemukan jumlah dan nominal pajak ranmor, tekan cari PKB dan masukkan no ranmor

4. Tunggu sampai data terproses, jika data ranmor ada maka akan tampil rincian nama pemilik, plat nomor, alamat, serta, nominal jumlah pembayaran

5. Dalam aplikasi tersebut ada beberapa opsi pembayaran yakni melalui bank NTB, Bank BNI, dan COD

warga negara yang baik tentu membayar pajak­čść, demikian cara membayar pajak online daerah nusa tenggara barat, dengan anda membayar tentu ikut berpartisipasi dalam membangun NTB yg lebih maju dan lebih bermartabat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar